Mengenal Arti Jazakallahu Khairan Anjuran dan Cara Untuk Membalasnya

Tell co id Ketika kita mengucapkan sebuah kata terimakasih , tidak jarang juga umat muslim selalu mengatakan ucapan Jazakallahu Khairan. Kalimat tersebut berisi sebuah doa untuk seseorang yang sudah menerima ucapan itu

Seorang muslim juga di anjurkan untuk memberi ungkapan terimakasih dengan mengucapkan Jazakallahu khairan . Lalu apa arti kata Jazakallah Khairan itu sendiri ?

Arti dari Jazakallahu Khairan

Menurut laman my muslim , jaza kallahu khairan sendiri umumnya diucapkan hanya untuk satu orang lelaki saja. sedangkan untuk perempuan cara pengucapannya adalah jazakillahu khairan. Kalau untuk mengucapkan kepada banyak orang atau lebih dari satu , pengucapannya yaitu jazakumullahu khairan

Anjuran Untuk Mengucapkan Jazakallahu Khairan

Istilah tersebut sebagai ucapan terimakasih dan sudah di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW . Diambil dari buku seni hidup dengan tenang di usia muda, seorang muslim di perintahkan untuk mendoakan kebaikan sesama manusia yang lain. Beliau pernah bersabda : 

“Barang siapa yang sudah diperlakukan dengan baik , lalu dia mengucapkan kepada orang itu , jazakallahu khairan , maka sesungguhnya ia telah menyanjungnya (HR.Tirmidzi)

Selain itu , kalau menurut suatu riwayat , Umar Bin Khattab RA beliau menganjurkan agar kita mengucapkan kata jazakallah khairan sebab ada doa di dalamnya .

“Seandainya salah satu dari kalian tau akan baiknya doa itu, maka dia akan selalu di doakan oleh sesama manusia lainnya”

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah dalam Syarh Riyadus Sholihin juga menyebutkan ucapan Jazakallah Khairan. Beliau menyatakan:

“Membalas kebaikan orang lain tergantung pada kondisinya. Salah satu cara untuk membalas kebaikan adalah dengan memberikan sesuatu yang serupa atau lebih. Cara lain untuk membalas kebaikan adalah dengan mendoakannya. Hal ini karena ada orang terhormat yang memiliki harta yang banyak dan kedudukan yang tinggi, jika ia memberi hadiah dan dibalas dengan hal yang serupa, maka ia akan merasa rendah diri. Doakanlah dia, karena yang dia inginkan adalah doa. Berdoalah untuknya.

“Dalam doa, kalian dapat mengucapkan jazakallah khairan. Karena jika kamu berdoa dengan niat yang baik, itu sudah merupakan kebahagiaan di dunia dan akhirat.”

Cara Kita Membalas Ucapan Jazakallahu Khairan

Cara membalas ucapan tersebut yaitu tergantung dengan siapa dan pada siapa ucapan itu kamu sampaikan. Contoh membalas ucapan jazakallahu khairan adalah sebagai berikut : 

Untuk satu orang perempuan “ Wa iyyaki”

Untuk satu orang laki laki : “ Wa Iyyaka “

Untuk semua orang atau banyak orang : “ Wa iyyajkum”

Demikian artikel ini saya buat kesimpulannya adalah dalam keutamaan dari arti bacaan jazakallahu khairan intinya kita selalu membaca dan menjawab doa ini dimanapun dan kapanpun kita berada.