Pernah Dengar Refined Sugar? Inilah 4 Perbedaannya dengan Gula Kristal Putih!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah gula pasir. Namun, bagaimana dengan refined sugar? Sebenarnya, memang ada dua jenis gula kristal, yakni refined sugar serta gula kristal putih. Kedua jenis gula ini memiliki perbedaan apabila kita melihatnya berdasarkan segi kualitas, efek industrial, serta tampilan. Lantas, apa saja sih yang membedakan keduanya? Simak 4 perbedaan berikut ini!

1. Refined sugar terbuat dari pemurnian raw sugar

Jadi, refined sugar merupakan jenis gula yang terbuat dari hasil pemnurnian gula kristal mentah alias raw sugar. Apabila sudah dilakukan pemurnian, maka kadar keputihan yang ada pada gula rafinasi akan bertambah. Sementara itu, ada juga beberapa ciri khas tampilan pada refined sugar, misalnya saja seperti warna putih bersih, kristal lebih lembut, serta tampilannya cerah.

2. Gula kristal putih berasal dari tebu murni

Gula kristal putih yang kerap kita gunakan sebagai pemanis terbuat dari tebu murni yang memiliki kadar ICUMSA 200-399. Kadar ICUMSA GKP ini terbilang cukup tinggi dikarenakan oleh faktor pengolahan. Namun, gula kristal putih pun tetap bisa dikonsumsi secara aman dengan cara diolah menyerupai gula rafinasi. Sementara itu, gula kristal putih memiliki tampilan yang agak kecoklatan serta tekstur kristalnya agak kasar.

3. Gula rafinasi di import

Sampai saat ini, gula rafinasi masih harus diimpor, berbeda dari gula kristal putih yang sudah melibatkan banyak komponen sehingga bisa mendukung perekonomian. Apalagi, gula kristal putih bisa dijual langsung ke pelanggan, berbeda halnya dengan gula kristal rafinasi yang diperuntukkan bagi industri makanan maupun industri minuman.

4. Gula rafinasi digunakan untuk keperluan industri

Karena memiliki tingkat kemurnian yang lebih tinggi, gula rafinasi bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan industri pengolahan makanan. Apalagi, kadar abi dan SO2nya juga rendah. Hal ini sudah sesuai dengan syarat keamanan pangan.

Nah, itulah tadi perbedaan antara gula kristal putih dan refined sugar. Meskipun keduanya sama-sama termasuk sebagai gula kristal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Maka dari itu, kita pun perlu memahami batas konsumsi gula agar gula yang kita konsumsi bisa memberikan manfaat maksimal untuk kita.